Senin, Maret 23, 2009

Gaji Guru naik th 2009

Masih ingat lagu Iwan Fals tentang sosok guru, Oemar Bakrie yang digambarkan naik sepada kumbang, membawa tas hitam dari kulit buaya. Sosok sang pendidik ini digambarkan hidup sederhana karena gaji yang pas-pasan. (Pas diterima, pas langsung habis bayar cicilan utang).

Tapi ada kabar gembira yang membawa harapan bagi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Ini. Dalam pidato kenegaraan penyampaian nota keuangan (RAPBN 2009) di DPR, Bapak Presiden menyatakan bahwa: "Pendapatan guru golongan rendah dapat dinaikkan menjadi di atas Rp 2 juta". Juga ada kenaikan dalam belanja pegawai yang bertujuan agar gaji pegawai negeri sipil naik. Bila semula pendapatan golongan terendah PNS sebesar Rp 640 ribu per bulan, maka dalam RAPBN 2009 ditingkatkan menjadi Rp 1,7 juta setiap bulan.(Liputan6.com)

Kebijakan ini diambil untuk mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 13 Agustus dan sesuai amanat UUD 1945. MK mengabulkan gugatan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) atas undang-undang APBN yang tidak memberi porsi 20 persen bagi pendidikan. SBY mengatakan ''Dalam RAPBN 2009, anggaran pendidikan Rp 210 triliun''.Total APBN sendiri ditetapkan Rp 1.203 triliun.

Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengaku siap mengalokasikan anggaran pendidikan yang luar biasa besar tersebut. Terutama, untuk peningkatan infrastruktur pendidikan, beasiswa, dan peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik. ''Kita sudah siapkan. Dari awal kami siap dengan anggaran 20 persen,'' timpal Bambang.

Jadi sepertinya klop sudah. Presiden mengusulkan anggaran pendidikan 20% dari APBN, Menteri Pendidikan siap mengalokasikan anggaran yang sangat besar tersebut. (Anggaran Depkominfo "cuma" Rp 2 Triliunan atau 1/100 anggaran pendidikan). Panitia anggaran DPR juga telah memberikan dukungan. Semoga ini menjadi momentum percepatan kemajuan pendidikan

2 komentar:

Mathematics teachers

Mathematics teachers