Senin, April 06, 2009

Juli, Tunjangan Profesi Guru Agama Cair

 
GROBOGAN - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo kemarin menegaskan jika tunjangan para guru dan dosen, yang berada di bawah naungan Departemen Agama (Depag), segera dicairkan. Tunjangan profesi tersebut direncanakan cair paling lambat Juli 2009 mendatang.

Penegasan Mendiknas ini sekaligus untuk menampik isu pembatalan pencairan tunjangan profesi tersebut. Sebelumnya, santer berhembus kabar jika pihak Depag belum bisa mencairkan tunjangan tersebut, karena masih membutuhkan aturan hukum tetap.

Kepastian ini diberikan Mendiknas saat bertatap muka dengan 1.200 guru di Kabupaten Grobogan Rabu (1/4) di GOR Simpang Lima Purwodadi. Kegiatan sosialisasi wajib belajar pendidikan dasar (wajardikdas) dan sertifikasi guru itu, juga dihadari Sekretaris Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Setditjen PMPTK) Depdiknas Giri Suryatmana, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Pusat Sulistyo, serta Bupati Grobogan Bambang Pudjiono.

Mendiknas menampik anggapan jika munculnya Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu), dikhawatirkan dapat menunda pencairan tunjangan profesi itu.

"Itu hanya cara Menkeu untuk membuat saya dan Menpan untuk segera menyelesaikan peraturan pemerintah, yang teknisnya kemudian ditur lagi dengan Perpres," terangnya.

Ia juga membantah jika belum cairnya tunjangan dikarenakan anggaran negara tak mampu membayar seluruh tunjangan yang nilainya mencapai triliunan rupiah itu.

Dikatakan Mendiknas, sesuai dengan aturan yang berlaku, semua tunjungan untuk pegawai negeri harus diatur secara teknis dengan Perpres. "Mei semua akan beres, sehingga paling lambat bulan Juli, semua tunjangan profesi dapat dicairkan," terangnya.

Sementara itu, Bupati Grobogan Bambang Pudjiono mengatakan, masalah sertifikasi guru masih menjadi kendala utama Pemkab Grobogan, untuk meningkatkan kualitas guru.

Disebutkan, dari sekitar 11 ribu guru, hanya 1.675 yang telah berhasil lulus sertifikasi. "Ini berarti hanya 14,3 persen dari seluruh total guru di Kabupaten Grobogan," ujar Pudjiono.

1 komentar:

  1. salam kenal bak, kalau ada waktu jangan lupa kunjungi blog ku

    BalasHapus

Mathematics teachers

Mathematics teachers