Senin, April 06, 2009

Seminar Sertifikasi Guru Diawasi

 
GROBOGAN - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Grobogan kini sedang mengawasi ketat setiap seminar sertifikasi guru yang diselenggarakan lembaga di luar Disdik. Sebab, kegiatan seminar yang berkedok sertifikasi itu, disinyalir banyak yang diselewengkan.

Akibatnya, banyak guru yang merasa dirugikan dengan penyelenggaraan seminar itu. Sertifikat yang diperoleh dari seminar untuk melengkapi sertifikasi guru, akhirnya tak bisa digunakan. Sebab, dari awal penyelenggaraan, seminar itu sudah bermasalah.

Menurut Ketua Disdik Kabupaten Grobogan Bambang Rusminto, akhir-akhir ini banyak yang mengajukan izin penyelenggaraan seminar setifikasi guru. Namun, setelah ditelusuri, penyelenggaraannya menyalahi ketentuan yang telah ditetapkan. Selain itu, para penyelenggara juga tak mempunyai kompetensi di bidang pendidikan. Mereka disinyalir hanya mencari keuntungan pribadi.

Dia mencontohkan, banyak kegiatan seminar yang dalam proposal pelaksanaannya mencantumkan waktu kegiatan selama tiga atau tujuh hari. Namun dalam pelaksanaannya, belum genap tiga atau tujuh hari, kegiatan seminar itu sudah diakhiri. "Tentunya ini menyalahi prosedur yang telah ditetapkan," ungkapnya, Sabtu (14/3) lalu.

Untuk menekan praktik-praktik penyelewengan seperti itu, pihaknya mensyaratkan kepada lembaga penyelenggara untuk melibatkan pihak Disdik. Pemateri yang didatangkan dari Disdik, lanjut Rusminto, harus dijadwalkan di hari terakhir penyelenggraan seminar. "Dengan demikian, kami bisa memantau jadwal penyelenggaraan seminar," tegasnya.

Selain masalah penjadwalan, pihaknya juga mensyaratkan kualifikasi pemateri yang diundang dalam seminar itu. "Pemateri harus orang-orang yang berkompeten di bidangnya dan setidaknya berkualifikasi nasional," ujarnya.

Agar tak semakin banyak guru-guru di Kabupaten Grobogan yang dirugikan, pihaknya mewanti-wanti para guru untuk tak hanya memburu sertifikat saja. Para calon peserta, lanjut Bambang, harus melihat siapa penyelenggara dan pemateri yang memberikan materi selama seminar. "Sebab, seminar seperti itu biasanya mahal, jadi jangan sampai para guru dirugikan karena seminar yang tidak jelas," ujarmya. 

1 komentar:

Mathematics teachers

Mathematics teachers